Friday 15 March 2013

Menjadi Anak yang Pantas

MENJADI ANAK YANG PANTAS
Oleh: Sayadaw U Kundala Bhivamsa

Para orangtua yang membesarkan anak-anak mereka hingga dewasa berharap agar anak-anaknya memiliki segala, menjadi anak yang pantas.

Di sisi para putra dan putri, mereka juga berharap menjadi anak yang pantas dan tidak minder. Mereka yang ingin menjadi anak yang pantas harus memiliki 5 kualitas. Dengan memiliki 5 kualitas ini, mereka dapat dikatakan sebagai putra dan putri yang pantas.

5 kualitas itu adalah sebagai berikut :

1. Murah Hati


Mereka yang memiliki sikap murah hati, walau masih muda, ia akan memberikan miliknya kepada yang miskin. Saat para orangtua dan para tetua memberi mereka makanan, mereka akan membagi dan menyebarkannya kepada teman-teman mereka. Dari tabungan mereka, mereka akan mendanakannya untuk pembanguna tempat ibadah, rumah sakit, dan lain-lain. Oleh karena itu, murah hati adalah salah satu dari kualitas putra dan putri yang pantas.

2. Praktik Dhamma


Mereka yang tertarik mempraktikkan ajaran agama (dalam hal ini Dhamma) sejak masih muda, biasanya diisi dengan makanan dan pakaian yang mereka peroleh. Mereka berusaha mencontoh orangtua, kakek-nenek, dan para tetua mereka yang mempraktikkan Dhamma dan mencoba untuk mempraktikkannya semampu mereka. Ini adalah salah satu dari kualitas bagus putra dan putri yang pantas.

3. Berani dan Tabah


Mereka yang berani dan tabah, akan selalu mempertahankan hak mereka sejak masih muda. Ketika mereka menjumpai perlawanan dari orangtua dan saudara, negara dan agama mereka, mereka akan melaksanakan atau berbicara untuk hak mereka tanpa takut sedikit pun. Memiliki pikiran yang berani dan tabah adalah salah satu kualitas putra dan putri yang pantas.

4. Mendapat dan Memiliki Pengetahuan


Mereka yang senantiasa memiliki kebiasaan memperoleh pengetahuan atau pendidikan akan pergi ke sekolah dan belajar secara teratur, tanpa harus dibujuk oleh orangtua dan para tetua. Mereka mempelajari pelajaran mereka pada jam-jam belajar. Mereka senantiasa belajar agar menonjol. Ini adalah salah satu dari kualitas putra dan putri yang pantas.

5. Senantiasa Mencari Kesejahteraan dan Kekayaan


Mereka yang memiliki kebiasaan bekerja dan memperoleh kesejahteraan setelah menyelesaikan pendidikan mereka, bekerja untuk dirinya sendiri, untuk orangtua dan saudara, dan untuk negara agar menjadi makmur. Mereka akan senantiasa pergi bekerja. Keselarasan dalam bekerja dan memperoleh kesejahteraan ini adalah salah satu dari kualitas putra dan putri yang pantas.

Jadi, putra dan putri yang baik adalah yang bekerja untuk mereka sendiri, orangtua dan saudara. Untuk perkembangan negara dan untuk Sasan harus berusaha dan memiliki kelima kualitas putra dan putri yang pantas.

Diterjemahkan oleh: Suryanti

Dikutip dari: Majalah Dhammacakka vol. 16/Agustus 2010 No. 59 dengan pengubahan

Dari kutipan artikel di atas, kita sebagai anak bangsa hendaknya tidak merepotkan keluarga kita dan negara kita. Dengan ini, kita dapat menjadi manusia yang mandiri dan berkualitas seperti di atas.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan.
Semoga dapat dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga Semua Makhluk Berbahagia :D
Poskan komentar dengan
Poskan komentar dengan

No comments :