Tuesday 12 March 2013

Keindahan Dalam Hidup

Dalam hidup ini, setiap orang pastilah mendambakan keindahan. Misalkan saja ketika orang melihat rumahnya tidak indah, ia pasti akan berusaha untuk membuatnya indah agar ia dapat menyenangi dirinya sendiri. Dalam menganalisa keindahan, setiap orang memiliki cara pandang masing-masing.

Keindahan di hidup ini dibagi menjadi 4, yaitu :

1. Keindahan Perhiasan


Keindahan perhiasan adalah keindahan yang hanya berasal dari perhiasan-perhiasan yang berada di luar tubuh. Contoh, kalung, emas, gelang, sepatu, pakaian, dan lain-lain. Namun keindahan ini sifatnya amatlah sementara dan mudah sekali berubah. Misalkan saja, ketika kita membeli baju yang sedang trend bisa saja keesokan harinya baju itu tidak menjadi trend kembali, bisa saja baju itu terbakar. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Keindahan ini juga hanya menimbulkan ketidakpuasan kepada setiap manusia.

2. Keindahan Jasmani


Keindahan jasmani adalah keindahan yang muncul dari fisik. Seperti laki-laki yang tampan, perempuan yang cantik. Jasmani mereka begitu 'enak' dipandang dan semua orang pun menyenangi penampilan jasmani/fisik mereka. Akan tetapi, orang yang jasmaninya indah belum tentu ia merupakan orang yang baik. Selain itu, fisik/jasmani ini tidaklah kekal. Kita dapat sakit, kita dapat tua, dan cepat atau lambat kita akan mengalami kematian. Jadi, keindahan jasmani ini hanyalah memberikan kepuasan sesaat.

3. Keindahan Perbuatan


Keindahan perbuatan adalah keindahan dimana seseorang senantiasa dapat berperilaku baik. Baik di sini berarti baik dan benar di dalam perbuatannya. Karena segala yang baik belum tentu benar tapi segala yang benar sudahlah pasti baik. Namun, kita juga harus berhati-hati dengan keindahan perbuatan seseorang, karena perbuatan baik yang ia lakukan belum tentu tulus, bisa saja ia memanipulasi kebaikannya untuk tujuan tertentu. Tidak ada yang tahu kecuali orang itu sendiri.

4. Keindahan Batin


Keindahan batin adalah keindahan dimana seseorang mempunyai cinta kasih dan belas kasih. Bagi orang yang memiliki batin yang indah ini, perbuatannya pun otomatis baik dan ia mendapatkan kebahagiaan. Tapi, bagaimana cara 'menghias'/membuat batin kita penuh cinta kasih dan belas kasih? Adalah dengan cara mengisi batin dengan kesabaran dan kerendahan hati. Dengan mengisi batin dengan hal tersebut, cepat atau lambat, batin kita pun akan senantiasa indah.

Setelah mengetahui hal tersebut, alangkah lebih baik kita lebih memfokuskan diri untuk menghias batin kita. Karena dengan indahnya batin kita, kemudahan, kebahagiaan, kemakmuran, dan ketenangan cepat atau lambat akan datang dan menghampiri kita.

Terinspirasi dari : Keindahan Batin oleh Bhikkhu Atthadiro (10 Februari 2013)

Semoga bermanfaat
Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan
Sekian dan terimakasih

Semoga Semua Makhluk Berbahagia :D
Poskan komentar dengan
Poskan komentar dengan

No comments :