Wednesday 13 March 2013

Kemalasan Dalam Hidup

Malas

Malas merupakan suatu kondisi dimana seseorang tidak ingin melakukan apa yang ia harus lakukan. Orang yang malas seringkali memerintah orang lain untuk mengerjakan pekerjaannya sendiri. Kemalasan dari manusia ini haruslah segera dilenyapkan, karena kemalasan tersebut dapat merugikan dirinya sendiri maupun orang lain.

Bahaya dari kemalasan adalah sebagai berikut :

1. Pekerjaan yang Menumpuk


Orang yang pemalas sering sekali menunda pekerjaannya. Sehingga, ketika deadline untuk pekerjaannya semakin dekat, ia akan kelabakan atau kerepotan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya.

2. Memiliki Sedikit Teman


Seperti yang disinggung di atas, bahwa orang yang malas sering kali memerintah orang di sekitarnya untuk melakukan/menyelesaikan pekerjaannya. Sebagai manusia, pastilah timbul rasa jengkel dan risih apabila dirinya 'dijajah' atau 'diperintah' secara berlebihan oleh orang lain. Oleh karena itu, orang yang malas tentu saja dijauhi oleh teman-temannya yang tidak suka 'dijajah'.

Penyebab Malas dan Cara Melenyapkannya

Setelah mengetahui bahaya dari malas itu sendiri, kita hendaknya mengetahui pula penyebab malas dan cara melenyapkan malas dari diri kita.

Penyebab malas adalah sebagai berikut :

1. Rasa Nyaman


Rasa nyaman adalah dambaan setiap manusia. Mereka ingin diperlakukan dengan baik oleh setiap orang yang hanya bertujuan untuk memuaskan diri mereka masing-masing. Rasa nyaman ini menyebabkan diri kita untuk tidak mau bergerak, kita cenderung menikmati apa yang ada. Padahal, apa yang kita nikmati akan hilang dan lenyap.

2. Rasa Ego yang Kuat


Tiap manusia pastilah memiliki rasa egois. Namun ada manusia yang dapat menaklukan egonya tapi ada juga yang 'termakan' oleh egonya sendiri. Bagi orang yang telah 'termakan' oleh egonya sendiri, ia cenderung tidak peduli dengan orang lain dan hanya peduli dengan dirinya sendiri. Ia lebih memilih dirinya untuk santai sedangkan orang lain menyelesaikan pekerjaannya. Sikap ego ini dapat mendorong kemalasan menjadi lebih kuat dan semakin kuat.

3. Tidak Mempunyai Motivasi Hidup


Motivasi merupakan salah satu elemen paling penting di dalam hidup. Karena motivasi dapat 'menyulut'kan semangat di dalam diri kita sehingga kita mau untuk terus bekerja dan bekerja. Tapi, bagi ia yang tidak memiliki motivasi ia akan cenderung pendiam. Ia lebih memilih untuk berpangku tangan terhadap segalanya dan tidak melakukan apa-apa. Ia akan menjadi pemalas karena ia berpikir bahwa ia sudah berakhir. Motivasi sangatlah berpengaruh bagi kehidupan manusia.

Setelah mengetahui penyebab rasa malas kita juga harus tau bagaimana cara untuk melenyapkan rasa malas itu sendiri. Banyak orang berkata, "Untuk melenyapkan kemalasan dibutuhkan kerajinan." Pernyataan itu adalah 100% benar, namun bagaimana caranya agar kita dapat rajin?

Caranya adalah sebagai berikut :

1. Keluar dari Zona Nyaman


Pertama-tama kita haruslah berani untuk keluar dari zona nyaman kita. Misalkan saja setiap pagi kita bangun pada pukul 7 lalu hanya menonton televisi. Untuk keluar dari zona nyaman kita, cobalah bangun lebih awal, seperti bangun pada pukul 5 lalu membereskan rumah atau berolahraga. Lakukanlah hal yang berbeda setiap saat agar kita tidak terlalu terjebak dan terlalu 'nyaman' dengan rutinitas kita. Hal ini justru dapat membangkitkan semangat yang sudah kita tahu bahwa semangat akan menghasilkan rajin.

2. Lemahkan Rasa Ego


Dengan melemahkan rasa ego kita, sikap kita yang cenderung memerintah orang lain akan berkurang. Jika ego kita melemah, kita akan semakin luwes di dalam bertindak, kita dapat semakin aktif karena kita peduli, peduli dengan dunia luar, peduli dengan masa depan kita sendiri.

3. Menambah Motivasi Hidup


Sudahlah kita ketahui, bahwa motivasi ini dapat menambah semangat di dalam hidup. Jika salah satu dari kita ada yang merasa motivasinya hilang, cobalah kita pikirkan orang-orang di sekitar kita yang begitu mencintai, peduli, dan menyayangi diri kita. Bayangkan, seberapa besar pengorbanan mereka kepada kita agar kita bisa menjadi seperti sekarang. Pikirkanlah mereka, bertekadlah untuk membuat mereka bangga kepada kita. Dengan cara ini, motivasi dalam hidup akan muncul. Kita pun akan semakin bersemangat dan tanpa sadar kita melenyapkan rasa malas di dalam diri kita.

Dengan mengetahui apa itu kemalasan, penyebab kemalasan serta cara untuk melenyapkan kemalasan alangkah lebih baik kita sebagai manusia untuk menghindari sifat buruk ini. Teori yang dipadukan dengan praktek yang berulang akan menghasilkan, hasil yang sangat memuaskan.

Semoga apa yang telah saya tulis ini dapat dipraktekkan dan bermanfaat.

Akhir kata, mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan.
Sekian dan terimakasih.

Semoga Semua Makhluk Berbahagia :D
Poskan komentar dengan
Poskan komentar dengan

No comments :