Monday 11 March 2013

Harta Sejati di Dalam Hidup

Harta

Sebagai manusia, kita pasti mempunyai kebutuhan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, terutama di jaman sekarang ini, uang amatlah penting. Banyak orang yang gila akan harta (uang) di dalam hidup ini. Hingga, tak kenal saudara, tak kenal orangtua, ketika orang mendengar harta, mereka akan buta, mereka akan 'gila', mereka tidak kenal siapa pun.

Namun, dari harta yang ada di dunia ini apalah yang kekal. Jawabannya adalah TIDAK ADA. Tidak ada yang kekal di dunia ini, bahkan seorang raja yang amat kaya sekali pun. Akan tetapi, harta di dunia ini ada yang sejati, ada yang setia menemani kita.

 Harta yang ada pun dibagi 4, yaitu sebagai berikut : 
  • Harta  Materi

Seperti yang sudah disinggung di atas, harta berupa materi atau yang biasa kenal kita itu UANG dan lain-lain. Akan tetapi, cobalah kita renungkan. Apakah uang dapat membawa kita selalu bahagia? Apakah uang dapat mengembalikan teman/kerabat kita yang meninggal? Tentu tidak! Harta berupa materi ini sifatnya hanyalah sementara saja dan tidak dapat memberikan kepuasan/kebahagiaan yang berarti. Harta berupa materi ini hanyalah memberikan kebahagiaan semu, sementara, dan akan membuat kita menderita setelahnya apabila materi ini sudah tidak kita miliki. Karena harta ini sifatnya tidaklah kekal dan tidak dapat dibawa mati.
  • Harta Keluarga

Semua orang tahu, bahwa keluarga itu adalah hal yang berharga di dunia ini. Mengapa? Karena tanpa adanya keluarga, kita tidak dapat mendapatkan dukungan moral bahkan keluarga pun dapat membantu kita untuk mendapatkan materi. Amatlah menderita jika hidup ini kita tidak mempunyai keluarga. Keluarga sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Andai kata kita tidak mempunyai materi, tapi kita memiliki keluarga, keluarga kita akan selalu setia menemani kita dan membantu kita. Tanpa materi tapi ada keluarga, itu jauh lebih penting dan berharga. Kita harus senantiasa bersyukur karena kita memiliki keluarga. Akan tetapi, keluarga ini tidaklah kekal, suatu saat anggota keluarga kita pasti ada yang meninggal dan keluarga ini tidak dapat dibawa mati ketika kita meninggal.
  • Harta Kesehatan

Harta kesehatan juga amatlah penting. Mungkin kita tidak mempunyai materi atau keluarga, tapi ketika kita sehat, kita dapat mencari mereka. Oleh karena itu, kesehatan amatlah penting. Bayangkan, jika kita mempunyai harta materi yang melimpah, keluarga yang amat mengasihi kita akan tetapi kita tidak mempunyai kesehatan, adalah percuma. Karena harta materi kita, tidak dapat kita nikmati dan kita hanya merepotkan anggota keluarga kita serta kita tidak dapat membahagiakan mereka. Namun, kesehatan ini juga tidak kekal. Mengapa? Karena terkadang kita dapat jatuh sakit dan kita tidak dapat sehat selamanya. Sehat pun tidak dapat dibawa mati.
  • Harta Kebajikan

Harta yang terakhir adalah harta berupa kebajikan. Kebajikan merupakan harta yang sejati di dalam hidup ini. Harta ini tidak dapat dicuri, tidak dapat hilang dalam bencana, dan harta ini juga akan selalu setia menemani kita. Jika kita tidak mempunyai ketiga harta di atas tapi kita mempunyai harta berupa kebajikan, niscaya, ketiga harta di atas akan datang cepat atau lambat. Selain itu, harta berupa kebajikan ini akan selalu mengikuti si pembuatnya hingga mati. Oleh karena itu, harta kebajikan merupakan harta sejati di dalam hidup ini dan patut untuk dilakukan di dalam kehidupan ini.

Demikian artikel singkat dari saya, khusus untuk Bhikkhu Silanando, saya ucapkan banyak-banyak terimakasih, karena artikel beliau saya terinspirasi untuk membuat harta ini. Artikel Bhikkhu Silanando dapat dilihat di SUMBER
Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati.

Sekian dan terimakasih.
Poskan komentar dengan
Poskan komentar dengan

No comments :