Thursday 14 March 2013

Kesombongan

Kesombongan


Kesombongan adalah sifat dari manusia yang merasa dirinya berada paling 'atas' dan tidak ada yang dapat menyaingi ataupun mengimbangi dirinya.

Sombong ini amatlah berbahaya bagi manusia itu sendiri, karena sombong dapat menjauhkan diri kita dari teman, kita pun juga dapat termakan oleh kesombongan kita.

Kita dapat menjadi sombong karena beberapa hal, yaitu sebagai berikut :


1. Egois


Sekali lagi, rasa egois selalu saja menimbulkan dampak yang negatif. Ketika ego kita tinggi, kita akan selalu melihat diri kita sendiri. Kita tidak peduli dengan orang lain. Kita menganggap orang lain rendah dan menganggap diri kita sendiri itu paling tinggi. Inilah alasan mengapa egoisme dapat menyebabkan kesombongan.

2. Respon yang Berlebihan terhadap Pujian


Setiap manusia, pastilah memiliki kelebihan. Tak banyak dari kita yang dapat memukau orang melalui kelebihan kita. Namun, kita seringkali terlalu berlebihan di dalam merespon sebuah pujian. Sudahlah kita ketahui, bahwa segala sesuatu yang berlebihan adalah tidak baik.

Sebagai makhluk sosial, kita sebagai manusia hendaknya dapat melenyapkan atau mungkin melemahkan kesombongan di dalam diri kita. Dengan melemahkan kesombongan dalam diri, hidup kita akan lebih bahagia dan tenang. Karena, jika kita tidak sombong maka kita tidak akan memiliki musuh di dalam hidup. Seperti yang sudah kita ketahui, memiliki musuh di dalam hidup ini membuat hidup tidak tenang.

Lantas, bagaimana caranya untuk melemahkan kesombongan dalam diri? Cara-caranya adalah sebagai berikut :

1. Melemahkan Rasa Egois


Melemahkan rasa egois dalam diri amatlah penting. Dengan melemahkan rasa egois kita akan lebih bisa menghargai orang lain. Kita menjadi lebih bisa untuk menyetarakan diri dengan orang lain. Kita tidak akan merendahkan orang lain lagi dan kita juga tidak akan meninggikan diri lagi.

2. Bersikap Rendah Hati Dalam Merespon Pujian


Dengan rendah hati di dalam merespon pujian, kita akan merasa lebih bersyukur. Kita juga akan sadar bahwa yang orang lain puji bukanlah diri kita, melainkan kelebihan kita yang dipuji orang. Kelebihan adalah milik semua orang, namun kita dapat menggunakan kelebihan kita dengan baik. Sehingga kita dipuji. Itulah yang sebenarnya terjadi.

Dengan mengetahui kesombongan itu apa, penyebab sombong itu apa, dan dengan mengetahui cara melemahkan kesombongan hendaknya kita renungkan ketiga hal di atas. Setelah direnungkan, alangkah lebih baik kita praktekkan agar segala kesombongan di dalam diri kita dapat melemah atau bahkan lenyap dari diri kita.

Semoga bermanfaat, mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan.

Semoga Semua Makhluk Berbahagia :D
Poskan komentar dengan
Poskan komentar dengan

No comments :